Sabtu, 09 Oktober 2010

MKDK : PIP 23 September 2010

Pengantar Ilmu Pendidikan : Hakikat Manusia


Dosen : Moh. Dimyati, S.Pd.


Ditulis ulang oleh : Mochamad Danur Estu




Pembelajaran : Proses pemberian ilmu dari pengajar ke peserta didik dengan memperhatikan refleksi diri dari peserta didik itu sendiri.


Pengajaran : Proses pemberian ilmu dari pengajar ke peserta didik.


Pelatihan : Proses pemberian ilmu dari pengajar ke peserta didik dengan tujuan untuk memperkaya keterampilan peserta didik itu sendiri.


Tujuan pendidikan adalah memanusiakan manusia. Maksudnya adalah, memberi nilai-nilai positif pada manusia dengan memberdayakan akal dan pikiran sehingga pikiran mereka lebih terbuka dan sadar bahwa mereka manusia, bukan hewan.




Pandangan Hakikat Manusia


  1. Psikoanalitik : Tradisional dan Neoanalitik

  • Tradisional : (Hansen, Stevic Warner, Sigmund Freud)
"Tingkah laku manusia digerakkan oleh dorongan (tenaga dalam) bersifat instingtif untuk memuaskan kebutuhan biologis."

Freud menegaskan bahwa struktur manusia terdiri dari id, ego, superego.

Id adalah reaksi atau perilaku yang muncul sebagai reaksi langsung dari otak. Contoh : menguap, kaget, dll.

Ego adalah perilaku yang menggunakan otak namun tidak memedulikan aturan. Contoh : beberapa orang tahu bahwa korupsi itu salah, namun masih banyak tindak korupsi di negeri ini.

Superego adalah perilaku yang menggunakan otak dan patuh pada norma yang ada.

(Dinamika perilaku seseorang berpusat pada interaksi ketiganya)

  • Neoanalitik : pada dasarnya hampir sama dengan teori psikoanalitik tradisional. Namun, teori ini lebih menekankan pada ego sebagai pusat kepribadian.
2.   Humanistik (Roger dan Adler)

Manusia mampu mengarahkan dirinya pada tujuan yang positif dan menjadi anggota masyarakat yang baik.


NB : Artikel ini belum selesai. Penulis mengharapkan komen dan saran dari pembaca jika menemukan artikel terkait tentang hal ini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar