Pengantar Pendidikan Khusus :
Dosen : Prof. Mulyono
Ditulis ulang oleh : Oryza Sativa
AD(H)D
Sifat kurang perhatian dan hiperaktif
*3-5% populasi di sekolah >> AD(H)D , menurut Barkley (pakar AD(H)D)
*penyebabnya sulit diketahui
*umumnya tidak tetlihat sebagai anak berkebutuhan khusus
Karakter
*tidak konsen & tidak mengontrol hati
*diketahui lewat tes psikologi dan fisiologi
Pembagian
*kurang perhatian (lesu, acuh, pasif, susah ingat)
*hiperaktif ( gelisah dan bergejolak, banyak bicara, mengganggu percakapan)
*gabungan keduanya (85% AD(H)D)
Gejala dan penyebab
(berdasarkan teori yang belum bisa dipastikan)
*ketidakimbangan zat kimia dalam tubuh
*keturunan
*anatomi otak unik
*volume otak lebih kecil 5 %
*rokok & alkohol
Penanganan
*medis
*konseling
*perencanaan pendidikan
Pengajaran yang efektiv
*pastikan siapa yang mendiagnosis
*sediakan obat medis
*kelas kondusif dan terorganisir
AD(H)D itu tidak bisa dihilangkan tapi bisa diminimalisir
Penyebab
*lingkungan
*biologis
Semua orang punya ssifat AD(H)D, walau tidak signiifikan (Barkley)
AUTISME
*ketidakmampuan signifikan pada komunikasi verbal & non verbal , interaksi sosial, dan kinerja pendidikan
*disabiliti itu bukan cacat, tapi ketidakmampuan, janga sebut cacat tapi disabilitas.
*bisa di deteksi sebelum usia 3 tahun, kalo lebih dari umur segitu ya ndak bisa
*melakukan kegiatan yang berulang
*IQ rendah (rata-rata)
*orang tua harus membawa ke medis, dokter, bukan guru PLB
gangguan bahasa = tertunda dan echolalia (komunikasi secara terus menerus
terlambat interaksi &?keterampilan sosial
perilaku berulang = tidak mengganggu kemampuan belajar namun menghambat pekerjaan sekolah
masalah perilaku = merusak diri sendiri
kebutuhan lingkungan = tingkat kecemasan pada situasi yang berbeda dari biasanya tinggi
gangguan gerak = postur abnormal
fungsi intelektual = 20% autis normal, 30% autis sedang
GANGGUAN KOMUNIKASI
gangguan dalam berbahasa dan berbicara
tahap komunikasi = input >> proses >> output
penyebab
*stroke
*tumor otak
*cedera kepala
*keterbelakangan mental
*dll
tes
*artikulasi
*mendengarkan
*perbedaan suara
*peerngembangan bahasa
*tes bahasa keseluruhan
*tes contoh bahasa
4 model pengobatan artikulasi
-diskriminasi
-fonologi
-sensorik
-penyejuk instrumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar