Kamis, 21 Oktober 2010

Pendidikan Luar Biasa : PPK 18 Oktober 2010

Pengantar Pendidikan Khusus : TRAUMATIC BRAIN INJURY



Ditulis ulang oleh : Oryza Sativa

Cedera otak traumatik
Disebabkan faktor eksternal
-          Kecelakaan
-          Jatuh
-          KDRT
Luka otak
-          Bawaan
-          Di peroleh
  • Terjadi sesudah kelahiran
    • Kromatik
ü  Close
ü  Open
  • Non kromatik
Traumatik tidak berlaku ketika dewasa karena daya tahan tubuh orang dewasa sudah lebih kuat
Amnesia tidak termasuk ke dalam traumatik ini.

Karakteristik
  • perubahan fisik (kekuatan melemah, kelumpuhan, cepat lelah)
  • perubahan kognitif (kesulitan belajar, penerimaan informasi lambat, sulit konsentrasi, kemampuan akademik menurun)
  • kemampuan bahasa (sulit menulis kata, sulit berbicara, sulit mengekspresikan, sulit memahami pembicaraan lawan bicaranya)
  • perubahan sosial, perilaku dan emosional (lebih minder, tidak dapat beradaptasi, kepercayaan diri kurang, interaksi dalam keluarga tidak dekat)

Pendidikan Luar Biasa : PPK 18 Oktober 2010

Pengantar Pendidikan Khusus : GANGGUAN FUNGSI KESEHATAN



Ditulis ulang oleh : Oryza Sativa

Ketidakmampuan Perkembangan Fisik.

faktor penyebab:
  • biologis (pra natal, peri natal, pasca natal)
  • lingkungan
karakteristik :
  • ringan >> masih bisa menggunakan fungsi motorik
  • sedang >> ex : anak yang menggigit pensil saat menulis
  • berat >> lumpuh total, di bantu orang lain.
kelompok :
  1. penurunan neurologis (cerebral palsy, traumatic brai injury, kejang, spina bifida, polio, spiral card injury)
  2. kerusakan ortopedik (muscular dystrophya, orthogryphosis, amputasi, osteogenesis, radang sendi, scoliosis)
  3. gangguan kesehatan (diabetus mellitus, asma, cystic fribosis, tuberkulosis paru, gangguan jantung, penyakit darah, sel sabit anemia, kanker, gangguan ginjal, hepatitis, burns, pelecehan dan pengabaian anak, AIDS)
menurut dosen saya, anak-anak yang mengalami gangguan fungsi kesehatan juga termasuk anak berkebutuhan khusus, hanya saja di undang-undang negara kita, anak-anak yang mengalami gangguan fungsi kesehatan ini belum termasuk. namun, anak-anak ini bukan di pandang ari segi kedokteran, tapi lebih dari segi pendidikan dan penyamaan hak mereka untuk mengenyam pendidikan yang sama seperti anak-anak lain :)

untuk teman-teman yang saya tag (anak kedokteran) yang lebih paham tentang berbagai gangguan kesehatan ini, tolong di ralat jika ada kesalahan dan mohon penjelasan lebih lanjut.

Rabu, 20 Oktober 2010

Pendidikan Luar Biasa : PPKn 3 September 2010

Pendidikan Kewarganegaraan : IDENTITAS NASIONAL


Ditulis ulang oleh : Oryza Sativa

IDENTITAS NASIONAL
Identitas >> jati diri, ciri khas
Nasional >> kesatuan wilayah, bangsa, himpunan masyarakat yang besar untuk hidup bersama.
Indonesia >> 1908 >> 1928 >> 1945
Identitas nasional >> jati diri yang membentuk bangsa (suku, adat istiadat, kebudayaan agama) yang berdiam di suatu wilayah.
>> manifestasi nilai budaya bangsa dengan ciri khas tertentu
Bagian negara = rakyat, wilayah, pemerintahan, kedaulatan.
Nasionalisme indonesia = faham untuk mencintai bangsa sendiri.

Kesamaan sejarah 
# secara filsafat, sesuatu yang abstrak (perjuangan pahlawan) menjadi sangat konkret (bayar pajak) bila tersedia situasi yang menjadi peluang penerapannya.
Konsepsi bangsa
Manusia >> 
>> eksis, contoh : berumur 80 tahun, sakit-sakitan, meminta doa agar sembuh (supaya bisa eksis lagi)
>>sejahtera
Individu >> tidak dapat berdiri sendiri >> monodualis (keluarga)
Masyaraka >> haru mampu menghadapi masalah integrasi, adaptasi lingkungan, memegang teguh tujuan, melestarikan nilai adat.
Konsep manusia pancasila
>> integralistik – komperhensif
>> monodualis
>> 2 dimensi (lahir-batin)
>> asas kekeluargaan
>> asas keseimbangan
>> dinamika perjuangan
>> persuasi, musyawarah/ konsultasi
Teori
>> ernest renan >> solid karena perjuangan lampau (sejarah)
>> hans kohn >> kesamaan (ras, bahasa, agama, tempat)>> teori ini tidak digunakan negara modern
>> indonesia >> kesamaan sejarah, nasib, bahasa, budaya, pandangan hidup (pancasila)
Jati diri indonesia (contoh : kulit, bentuk tubuh)
#pidato bung karno
#geopolitik
#pancasila, bhineka tunggal ika
#pengindonesiaan masyarakat multikultural
#konstruksi emosional, intelektual, dan ideologis
#kebijakan dan strategi kebudayaan
Krisis multidimensi
O krismon – ekonomi politik – krisis moral – budaya
“korupsi budaya Indonesia?”
O masyarakat kehilangan orientasi nilai
Identitas nasional
• Bahasa
• Bendera
• Lagu kebangsaan
• Lambang negara
• Semboyan
• Dasar falsafah
• Konstitusi / hukum
Amandemen 
• 1999
• 2000
• 2001
• 2002
• Amandemen lagi kah?

Bentuk NKRI >> kedaulatan rakyat
Eksistensi NKRI >> partai politik, dinamis dan sulit ditentukan arah yang pasti, tergantung situasi masyarakat
Konsepsi wawasan nusantara >> cara pandang tentang diri dan lingkungan yang beragam dan strategis, persaatuan dan kesatuan = tujuan nasional.
“mau di bawa kemana arah bangsa ini?”
Kebudayaan daerah >> bersumber dari puncak budaya daerah yang tidak bertentangan dengan pancasila
Hasil budaya yang khas >> sistem budaya yang khas
“Dulu, di desa = aman, tentram. Sekarang? Belum tentuu”
UUD 1945
• Realitas : mencerminkan kondisi objektif
• Idealiitas : uupaya nyata mewujudkan pancasila
• Fleksibilitas : mengaktualisasikan nilai pancasila dengan tetap berpegang bhineka tunggal ika

Pendidikan Luar Biasa : PPKn 27 September 2010

Pendidikan Kewarganegaraan : FILSAFAT PANCASILA


Ditulis ulang oleh : Oryza Sativa


FILSAFAT PANCASILA
Negara
* harus punya ideologi (gagasan / nilai dasar)
* menterjemahkan visi misi (alinea 2 dan 4 pembukaan UUD 1945) menuju cita-cita negara

Filosofi >> filosofia>> mencintai hal hal yang bijaksana
Filsafat pancasila >> filsafatnya Indonesia
*filsafat semua manusia indonesia yang dijadikan pandangan hidup dan pedoman kehidupannya
*mengandung pandangan, nilai, dan pemikiran yang dapat menjadi substansi dan isi pembentukan ideologi pancasila
*refleksi kritis dan rasionall tentang pancasila sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa dengan tujuan untuk mendapatkan pokok pengertian yang mendasar dan menyeluruh.


Pancasila = sistem (alinea 4 pembukaan UUD 1945)

Selasa, 12 Oktober 2010

Pendidikan Luar Biasa : PPK 11 Oktober 2010

Pengantar Pendidikan Khusus :


Dosen : Prof. Mulyono

Ditulis ulang oleh : Oryza Sativa


AD(H)D
Sifat kurang perhatian dan hiperaktif
*3-5% populasi di sekolah >> AD(H)D , menurut Barkley (pakar AD(H)D)
*penyebabnya sulit diketahui
*umumnya tidak tetlihat sebagai anak berkebutuhan khusus

Karakter
*tidak konsen & tidak mengontrol hati
*diketahui lewat tes psikologi dan fisiologi

Pembagian
*kurang perhatian (lesu, acuh, pasif, susah ingat)
*hiperaktif ( gelisah dan bergejolak, banyak bicara, mengganggu percakapan)
*gabungan keduanya (85% AD(H)D)

Gejala dan penyebab
(berdasarkan teori yang belum bisa dipastikan)
*ketidakimbangan zat kimia dalam tubuh
*keturunan
*anatomi otak unik
*volume otak lebih kecil 5 %
*rokok & alkohol

Penanganan
*medis
*konseling
*perencanaan pendidikan

Pengajaran yang efektiv
*pastikan siapa yang mendiagnosis
*sediakan obat medis
*kelas kondusif dan terorganisir

AD(H)D itu tidak bisa dihilangkan tapi bisa diminimalisir
Penyebab
*lingkungan
*biologis

Semua orang punya ssifat AD(H)D, walau tidak signiifikan (Barkley)



AUTISME
*ketidakmampuan signifikan pada komunikasi verbal & non verbal , interaksi sosial, dan kinerja pendidikan
*disabiliti itu bukan cacat, tapi ketidakmampuan, janga sebut cacat tapi disabilitas.
*bisa di deteksi sebelum usia 3 tahun, kalo lebih dari umur segitu ya ndak bisa
*melakukan kegiatan yang berulang
*IQ rendah (rata-rata)
*orang tua harus membawa ke medis, dokter, bukan guru PLB

gangguan bahasa = tertunda dan echolalia (komunikasi secara terus menerus
terlambat interaksi &?keterampilan sosial
perilaku berulang = tidak mengganggu kemampuan belajar namun menghambat pekerjaan sekolah
masalah perilaku = merusak diri sendiri
kebutuhan lingkungan = tingkat kecemasan pada situasi yang berbeda dari biasanya tinggi
gangguan gerak = postur abnormal
fungsi intelektual = 20% autis normal, 30% autis sedang


GANGGUAN KOMUNIKASI
gangguan dalam berbahasa dan berbicara
 tahap komunikasi = input >> proses >> output

penyebab
*stroke
*tumor otak
*cedera kepala
*keterbelakangan mental
*dll

tes
*artikulasi
*mendengarkan
*perbedaan suara
*peerngembangan bahasa
*tes bahasa keseluruhan
*tes contoh bahasa

4 model pengobatan artikulasi
-diskriminasi
-fonologi
-sensorik
-penyejuk instrumen

Pendidikan Luar Biasa : PPK 4 Oktober 2010

Pengantar Pendidikan Khusus : Tunagrahita (Presentasi)






Dosen : Prof. Mulyono

Ditulis ulang oleh : Oryza Sativa

Presentasi TUNAGRAHITA
(mental retardation)

*IQ = ringan (70), sedang (50-70), idiot  (<30)
*kelainan fungsi intelektual
*dianggap keterbelakangan mental
*istilah lain = lemah pikiran, gangguan intelektual, dll

Klasifikasi lama
*educable
*trainable
*custodial

Penyebab
*gen
*gangguan metabolisme /nutrisi
*pranatal, natal, dan pascanatal

Pencegahan
*imunisasi
*tes darah
*pemelihara kesehatan
*operasi
*intervensi diri
*dll

Karakter
*sulit berkomunikasi
*cepat lupa

LEARNING DISABILITIES
gangguan belajar yang signifikan

penyebab
*neuroligis
*gen
*lambat pematangan sistem syaraf
*lingkungan

karakter umum
*intelegensi -
*hiperaktif

karakter sosial
*perbedaan prestasi yang signifikan
*tidak perhatian
*kemampuan bahasa buruk

referensi = ldonline.com


Senin, 11 Oktober 2010

Pendidikan Luar Biasa : PPK 27 September 2010

Pengantar Pendidikan Khusus : Definisi Pendidikan


Dosen : Prof. Mulyono


Ditulis ulang oleh : Oryza Sativa




“apa itu pendidikan?”
Pendidikan menurut UNESCO, education is:

1. Learning to know : Penguasaan yang dalam dan luas akan bidang ilmu tertentu, termasuk di dalamnya Learning to How
2. Learning to do : Belajar untuk mengaplikasi ilmu, bekerja sama dalam team, belajar memecahkan masalah dalam berbagai situasi.
3. Learning to be : belajar untuk dapat mandiri, menjadi orang yang bertanggung jawab untuk mewujudkan tujuan bersama.
4. Learning to live together : Belajar memhami dan menghargai orang lain, sejarah mereka dan nilai-nilai agamanya.

“Tapi menurut saya (Pak Prof.) , pendidikan adalah membuat sesuatu (anak yang belum berkembang) berdaya (ppemberdayaan potensi) dalam rangka meningkatkan kualitas ibadah”

Jadi, jika pendidikan itu membunuh, itu tidak bisa di sebut pendidikan.

“seperti apa pendidikan yang membunuh itu?”

Contohnya, “seorang Guru berkata kepada muridnya, “eh, kamu besok ga usah masuk sekolah ya, kamu belum bayaran..”

Pendidikan itu mengenali potensi unggul yang ada dalam diri siswa secara optimal dan terintegrasi. Secara optimal maksudnya tidak memaksakan dan sesuai kemampuan siswa, dan terintegrasi agar semua aspek potensi tidak pincang, jadi tidak hanya kecerdasan otak saja.

Orang cerdas.
Orang yang selalu berpikir tentang kematian.
Lalu akan jadi apa kita? Guru Pendidikan Khusus.

Pendidikan Khusus.
Upaya untuk memberdayakan mereka yang memiliki kebutuhan khusus agar mereka mengenali potensi yang ada dalam diri mereka.

Individu berkebutuhan khusus.
Orang yang menyimpang secara signifikan dan bermakna dan membutuhkan layanan pendidikan khusus.

Semua manusia mengemban misi sebagai pendidik.
Pendidik dan pendidik profesional.
Pendidik = orang yang dapat memberikan pengajaran pada orang lain.
Pendidik profesional = guru, dosen, dll.

Manusia.
Makhluk individual. Maka dari itu harus jadi makhluk sosial.
Individual.
Unik, khas, tidak ada duanya, beda.
“Aku ciptakan manusia dengan perbedaan..”


Jika pembaca menemukan artikel terkait mengenai hal ini, mohon untuk dilengkapi ya :)