Sabtu, 09 Oktober 2010

Teknologi Pendidikan : PTKI 22 September 2010

Pengantar Teknologi Komunikasi dan Informasi : Integrasi TIK dalam Pendidikan

Dosen : R. A. Murti Kusuma W., M.SI

Ditulis Ulang oleh : Mochamad Danur Estu

Teknologi adalah sebuah sistem atau perangkat yang diciptakan manusia yang bertujuan untuk memudahkan kehidupan manusia

Tingkat Integrasi teknologi dengan pendidikan (tingkat rendah)

  • Contoh : Bu Ani mengumpulkan foto yang diambil beliau dari internet lalu ditampilkan di depan kelas dengan menggunakan LCD projector untuk presentasi mata pelajaran biologi.
Tingkat Integrasi teknologi dengan pendidikan (tingkat tinggi)
  • Contoh : Pak Tanu meminta siswanya untuk mencari tahu tentang kronologis PD II di Asia Pasifik dari sumber manapun lalu meminta siswa tersebut untuk membuat halaman web untuk menampilkan apa yang telah mereka pelajari dari kronologis PD II itu sendiri.
Yang membedakan antara tinggi rendahnya tingkat integrasi teknologi dengan pendidikan adalah tidak hanya tingkat kecanggihan teknologi yang mendukung pembelajaran itu sendiri namun perubahan pola pembelajaran dari yang berpusat kepada guru (sehingga peserta didik terus mendengarkan ceramah dari guru) menuju siswa sebagai pusat itu pembelajaran itu sendiri (peserta didik mencari tahu tentang materi dalam pembelajaran, sehingga terlibat aktif dan mereka menginterpretasikan sesuatu sesuai pemahaman mereka untuk kemudian diluruskan bersama-sama dalam forum diskusi kelas dengan guru sebagai fasilitator).

Dalam dua contoh di atas, ada dua perbedaan yang mencolok dari keduanya. Dari contoh pertama, meskipun Bu Ani menggunakan high tech dalam pembelajarannya berupa LCD Projector dan Internet sebagai pendukung pembelajaran, namun metode yang digunakan dalam pembelajaran itu sendiri masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa hanya pasif mendengarkan. Sedangkan dari contoh yang kedua, Pak Tanu mendorong siswa itu sendiri untuk belajar mandiri mengenai suatu permasalahan dan mengkolaborasikan dengan teknologi yaitu berupa halaman web (page, blog, dll.) agar siswa tersebut terlibat aktif di dalam pembelajaran.


NB : Artikel ini masih dalam tahap pengembangan, jika pembaca memiliki referensi lain untuk melengkapi kekurangan artikel yang berkaitan dengan tema di atas, di mohon sekali untuk kritik dan saran serta kesediaan untuk memberi tahu penulis blog agar artikel ini berguna bagi orang banyak. Terima Kasih :)

sekilas tentang penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar